Fakta Menarik Seputar Perayaan Imlek di Nusantara

Fakta Menarik Seputar Perayaan Imlek di Nusantara

Last update: 11-Feb-2021

Setiap tahunnya masyarakat Tionghoa selalu merayakan Imlek dengan meriah. Sebagai negara yang masyarakatnya beraneka ragam, perayaan Imlek di Indonesia terasa unik karena berpadu dengan kebudayaan setempat. 

Perayaan Imlek di Yogyakarta, misalnya. Masyarakat berlomba membuat busana batik terbaik untuk dikenakan sembari menjaga warna merah khas Imlek tetap dominan. Masih banyak fakta menarik perayaan Imlek di Nusantara yang menarik untuk dibahas. Cek beberapa cerita di bawah ini, ya!

 

Wajib Keramas dan Bersih-Bersih 


Sebagaimana perayaan hari besar lainnya, masyarakat Tionghoa di Indonesia akan merasa memiliki kewajiban untuk bersih-bersih 1 hari menjelang Imlek. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan secara menyeluruh mulai dari tubuh sendiri hingga tempat tinggal.

Kebiasaan bersih-bersih ini masuk akal karena biasanya para kerabat akan saling berkunjung antar 1 rumah dengan rumah lainnya. Rumah yang bersih tentu akan terasa nyaman untuk disinggahi. 

 

Bagi-Bagi Angpao 


Ini dia salah satu tradisi yang paling ditunggu-tunggu menjelang Imlek. Mereka yang sudah menikah diwajibkan untuk memberi angpao kepada sana saudara yang belum menikah. Sementara jika belum menikah, sebaik apapun kondisi finansialnya, belum berkewajiban memberi angpao. 

Angpao identik dengan amplop berwarna merah yang diberikan langsung pada saat bertemu. Walaupun sekarang sudah ada metode transfer yang lebih mudah, rasanya tradisi amplop merah ini tetap harus dijaga.

 

Menantikan Datangnya Hujan 


Entah bagaimana awalnya, ada kepercayaan yang mengatakan bahwa setiap Imlek akan turun hujun. Masyarakat Tionghoa akan sangat senang bila hujan ini benar-benar turun, karena turunnya hujan bisa jadi pertanda rezeki yang akan mengalir dengan baik di tahun yang baru. 

 

Menyajikan Aneka Makanan 


Apalah artinya kumpul keluarga tanpa sajian makanan yang lezat dan membuat suasana terasa lebih hangat. Masyarakat Tionghoa di Indonesia biasanya akan menyediakan berbagai makanan untuk disantap bersama atau menjamu tamu yang datang.

Beberapa makanan yang biasa ada di meja makan saat Imlek adalah ikan bandeng, kue keranjang, dan jeruk mandarin. Masing-masing makanan yang disajikan juga biasanya menjadi simbol harapan akan kemakmuran dan rezeki berlimpah di tahun yang baru. 

 

Yu Sheng 


Masyarakat Tionghoa di Indonesia punya tradisi unik saat Imlek yang dikenal nama Yu Sheng. Pada jam makan siang atau makan malam, seluruh anggota keluarga akan berkumpul mengelilingi piring berisi salad dan aneka potongan daging. Lalu, semua orang akan mengaduk dan mengangkat salad tersebut setinggi-tingginga sambil berkata “Lao Qi” atau “Lao Hei”.

Tradisi Yu Sheng dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala rezeki dan berkah yang sudah didapat satu tahun terakhir. Setelah itu barulah aneka salad dan hidangan lainnya disantap bersama-sama. 


Kamu juga bisa merayakan Imlek di Trans Studio Mall Bali, loh. Ada aneka makanan lezat untuk disantap bersama dan aneka promo yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ya, TSM Lovers!

Back
About Us   |   Contact Us   |   Event   |   Deals   |   TSM Loyalty   |   What's New   |   Shop   |   Experience   |   Privacy Policy   |   Terms & Conditions
Copyright © 2018. Trans Studio Mall. All rights reserved.