Tips Menghindari Dehidrasi Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

Tips Menghindari Dehidrasi Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

Last update: 08-May-2020

Seperti yang kita tahu, puasa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, khususnya bagi kesehatan. Namun, terkadang persoalan dehidrasi kerap menjadi masalah tersendiri saat menunaikan ibadah puasa. Apalagi bagi kita yang tinggal di cuaca panas dan memiliki berbagai kegiatan yang menguras fisik.

Dehidrasi biasanya ditandai dengan mulut yang sangat kering, kulit yang kering, menurunnya daya konsentrasi, susah buang air kecil, sembelit, hingga letih dan lesu. Nah, untuk mencegah dehidrasi selama puasa, terdapat sejumlah tips mudah bagi kamu yang bisa dicoba. Selengkapnya, langsung simak di sini, yuk TSM Lovers!
 

Konsumsi Air Putih 8-12 Gelas Saat Sahur dan Buka


Demi mencegah dehidrasi saat berpuasa, disarankan untuk kamu mengonsumsi air putih yang hangat saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini demi memudahkan proses penyerapan oleh tubuh. 

Kamu bisa mengonsumsi air putih sebanyak 8-12 gelas saat sahur dan berbuka puasa. Namun, bagi kamu yang takut kembung, bisa kok dicicil minum 2 gelas air putih selama beberapa jam sekali pada rentang waktu berbuka dan sahur. 

Selain itu, aneka menu sup dan berkuah juga dapat dikonsumsi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Aneka sayur dan buah segar seperti semangka, tomat, mentimun, dan anggur yang kaya kandungan airnya juga sangat baik untuk dikonsumsi.

Baca juga: Khasiat Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh Selama Berpuasa
 

Kurangi Mengonsumsi Kafein


Kafein bersifat diuretik yang dapat mengurangi banyak cairan dan membuat kita malah gampang haus. Nah, agar menghindari dehidrasi saat berpuasa sebaiknya kamu mengurangi aneka minuman berkafein selama bulan Ramadan ini. 

Minuman berenergi dan bersoda juga sebaiknya dihindari atau minimal dibatasi. Bahkan disarankan untuk tidak mengonsumsi teh dan kopi saat sahur agar kamu  tidak gampang haus ketika berpuasa.
 

Batasi Kegiatan di Luar Ruang


Terlalu lama berakivitas di luar ruang serta dibawah terik sinar matahari bisa membuat kamu cepat haus dan berisiko dehidrasi saat berpuasa. Bila perlu kamu dapat membawa payung atau pelindung panas matahari bila berada di luar ruangan. 

Jika ingin berolahraga, dianjurkan untuk dilakukan ketika mendekati waktu berbuka puasa sehingga setelah selesai olahraga kamu bisa langsung mengganti cairan tubuh yang hilang. Oiya, sebaiknya kamu juga melakukan berbagai jenis olahraga yang ringan jangan sampai terlalu memforsir tubuhmu ya!
 

Hindari Penggunaan Bumbu dan Garam yang Berlebihan Pada Masakan


Jika kamu lebih memilih masak untuk sajian berbuka puasa ataupun sahur, ada baiknya bagi untuk menghindari penggunaan bumbu dan garam yang berlebihan pada masakan. Pasalnya, bumbu-bumbu masakan dalam makanan akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Selain itu, mengonsumsi garam dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan rasa haus dan risiko dehidrasi ketika kamu berpuasa.
 

Tidak Berlebihan Ketika Mengonsumsi Makanan Manis


Mengonsumsi aneka makanan atau kudapan yang terlalu manis secara berlebihan sebaiknya kamu hindari di bulan puasa seperti sekarang ini. Saat berbuka, sebaiknya kamu bia mengonsumsi buah-buahan yang kandungan gulanya bisa mengembalikan energi tubuh sekaligus kandungan airnya yang bisa bantu mengatasi rasa haus.

Itulah beberapa tips mudah untuk menghindari kondisi dehidrasi ketika berpuasa. Yuk bulatkan tekad di bulan Ramadhan kali ini untuk menjalankan segala ibadah dengan maksimal. Selamat berpuasa TSM Lovers!

Back
About Us   |   Contact Us   |   Event   |   Deals   |   TSM Loyalty   |   What's New   |   Shop   |   Experience   |   Privacy Policy   |   Terms & Conditions
Copyright © 2018. Trans Studio Mall. All rights reserved.