Fakta-Fakta Menarik Nastar, Kue Khas Lebaran yang Wajib Hadir Saat Hari Raya

Fakta-Fakta Menarik Nastar, Kue Khas Lebaran yang Wajib Hadir Saat Hari Raya

Last update: 23-May-2020

Bagi pecinta kue kering, kue nastar pasti sudah tidak asing lagi menjadi sajian ketika hari raya Lebaran tiba. Kudapan dengan rasa yang nikmat ini memang begitu menggugah selera. Tidak jarang jika kita sudah mencicipya sekali dijamin akan langsung ketagihan dan tidak bisa berhenti menyantapnya. 

Nah, dibalik lezatnya kue nastar ini ternyata ada beberapa fakta yang perlu kamu tahu nih. Apa saja? Yuk baca selengkapnya artikel berikut ini!
 

Nastar Berasal dari Bahasa Belanda


Seringkali kita bertanya-tanya, mengapa kue dengan isi selai nanas ini diberi nama nastar ya? Ternyata nama tersebut berasal dari Bahasa Belanda, yakni 'ananas' atau nanas dan 'taartjes' atau tart. 

Jadi, bisa dibilang kue nastar merupakan tart dengan isian selai nanas. Kue nastar sendiri juga telah hadir sejak zaman penjajahan Belanda dulu lho. Sedangkan dalam Bahasa Inggris, kue nastar ini juga sering disebut Pineapple Tarts atau Pineapple Nastar Roll. Nah, sekarang kamu sudah tahu kan?

Baca juga: Ingin Berbelanja Aneka Kebutuhan di Trans Studio Mall Bali? Jangan Khawatir, Sekarang Kamu Bisa #NgeMallDariRumah
 

Nastar Juga Sering Disajikan Pada Saat Natal atau Imlek


Di zaman yang semakin modern ini, kue nastar juga tidak ketinggalan melakukan inovasi. Inovasi tersebut yaitu memiliki varian isian yang berbeda, seperti selai strawberryblueberry, durian, dan lain sebagainya. 

Kue nastar ini memang identik dengan hari raya Lebaran. Namun, ternyata, kue kering yang satu ini juga sering disajikan pada saat perayaan hari raya Natal dan juga Imlek lho!
 

Kue Nastar Melambangkan Kemakmuran


Engga percaya? Buktinya Etnis Tionghoa sering menyebut kue nastar ini sebagai ong lai yang berarti pir emas. Pir emas dalam kepecercayaan Tionghoa sendiri merupakan sebuah simbol dari kemakmuran, rezeki, dan juga keberuntungan. Jadi, selain memiliki cita rasa yang lezat, kue nastar ini juga memiliki filosofi yang sangat bagus ya.
 

Resepnya Terinspirasi dari Kue Pie


Kue nastar memiliki resep yang terinspirasi dari kue pie yang dibuat pada sebuah loyang besar berisi blueberry, strawberry, maupun apel. Selain itu, adonan kue nastar itu sendiri juga sama seperti adonan pie, yakni tepung terigu, telur, mentega, dan bahan lainnya. 

Konon katanya, pada saat masa penjajahan dahulu, buah-buah isian pie tersebut sangat sulit didapatkan, sehingga banyak yang menggantinya dengan buah nanas karena mudah didapat. Nah, kini kita jadi semakin yakin bahwa ternyata masyarakat Indonesia memang kreatif-kreatif ya, setuju?
 

Mengandung Banyak Kalori


Ups, mungkin bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan sepertinya enggan ya untuk mengetahui fakta yang satu ini. Namun, memang kenyataannya kue nastar ini memiliki banyak kalori lho.

Enam buah kue nastar yang kamu santap, mengandung sekitar 84 kalori atau setara dengan tiga mangkuk nasi. Ditambah lagi dengan adanya selai nanas didalamnya yang mengandung banyak gula. Jadi, sebaiknya batasi konsumsi kue nastar ini ya, jangan sampai makan terlalu banyak!

Back
About Us   |   Contact Us   |   Event   |   Deals   |   TSM Loyalty   |   What's New   |   Shop   |   Experience   |   Privacy Policy   |   Terms & Conditions
Copyright © 2018. Trans Studio Mall. All rights reserved.